Archive | On Work RSS feed for this section

durian, aren, pasir merica dan sate rembige

24 Aug

Bener-bener postingan super telat, hehe. Kata orang better late than never (alasan) :).

Sebenarnya ini kegiatan sewaktu awal tahun lalu, selagi sosialisasi sistem yang telah dikembangkan ke beberapa wilayah yang dijadikan pilot. Piloting site ada 4 wilayah, penentuannya juga bukan dari kami, jadi kami hanya menjalankan kewajiban di 4 tempat tersebut. Kebetulan dapat kebagian wilayah NTB, dan akhirnya kesini (lagi) untuk yang bekerja sambil bermain (loh). Terlepas dari memakmai bekerja sambil bermain itu apa, silahkan intepretasikan sendiri. Yang penting buat saya kewajiban selagi tugas ter-deliver tidak kurang satu apapun, sisanya terserah anda. Kalau saya kita manfaatkan dengan baik dengan cara bermain 🙂 (opo to)

Continue reading

Setting Vlan

26 Sep

Vlan atau Virtual LAN berguna untuk memudahkan pengaturan dalam konfigurasi LAN dan berguna untuk membagi berdasarkan kebutuhan organisasi. Umumnya pembagian vlan dikategorikan berdasarkan lantai atau departemen di unit kerja organisasi dengan kelas IP yang berbeda namun mereka masih dapat berkomunikasi satu sama lain layaknya dalam satu LAN. Yang dibutuhkan adalah manageable switch dan router yang akan merouting class2 IP yang ada didalam vlan.

Continue reading

Buka docx di Office 2003

14 Sep

Berawal dari salah satu staf admin ditempat ku yg bilang dia dapet kiriman file yang word tapi ga bisa dibuka. Tanya-tanya sedikit ya udah saya bilang aja kirim ke saya, pas saya lihat wowwwww (yg ini hiperbiola, :D) pantes aja ga bisa dibuka. Laaah eyaaalah (gayanya, Indi Barends), file yg didapet dari office 2007 alias ber-ekstensi docx. Kebetulan tadi di milisnya MUGI baca thread ini, tapi karna lagi ga buka Gmail dan males login lagi buat dapetin linknya trus saya lari ke Google aja dan dapet link buat office 2003 compability untuk format office 2007, setelah tadinya mo coba yang ini tp akhirnya ga jadi karna takut issue keamanan data secara ini data kantor. Akhirnya saya unduh aja aplikasi dari Microsoft, trus install dan problem solved.

Buat alternatif aja tadi unduh dari webnya mikocok Microsoft melambat, trus cari2 akhirnya ketemu sdehelpdesk.com. Kamu jg bisa unduh disana ya.

Bad Day

29 Aug

ini dia biang keladinya - PSU jebol Postingan telat lg.. Anda penganut I don’t like monday ?. Kl saya bukan, tp gara-gara hari Senin kemarin saya jadi punya cerita. Berangkat kantor dengan semangat sambil nganterin adik yg ada interview di Palmerah, karna ga gitu jauh dari kantor ya saya bareng aja. Kejadian pertama pas habis nganterin adik saya dan jaraknya ga jauh lagi dari kantor. Pas di lampu merah saya lihat jam masih kurang 10 menit lagi, ancer2 sampe lah ke kantor kg telat. Setelah lewatin lampu merah ban motor kempes, terpaksa dorong2 sambil cari tukang tambel ban. Jadinya jadinya apa ??

Backup.. Backup.. Backup

7 Aug

Malam ini masih dikantor karena nge-backup satu harddisk yang rencananya besok akan dipakai buat dijadikan file server. Lah lantas file server sebelumnya mo dikemanain ? ya beginilah secara sebelumnya ada satu server yang sekarang jadi file server kedepannya akan diganti buat dijadikan server aplikasi yang akan dipakai buat temen-temen di finance. Ya saya backup dulu data-datanya jadi besok file servernya tinggal dijadiin server aplikasi. Wait, wait, wait, besok. Bukannya besok libur, iya tapi untungnya besok yang giliran setup bukan saya tapi ada dua orang teman kantor yang rencananya masuk. Nothing special dalam melakukan proses backup ini, saya hanya menggunakan fasilitas yang ada dari sistem operasinya, tinggal next, next trus tinggal tunggu deh.

Btw koq masih lama ya ? 😀

Howto Compressing .pdf with Adobe Distiller

14 Feb

“Informasi yang sangat bagus ini diambil dari invaleed, saya post disini agar memudahkan untuk trackback kl suatu saat nanti membutuhkan soale dulu pernah dapet kejadian ky gini. :)”

Adobe Acrobat Distiller

Berbagi cerita dikit, tentang compressing .pdf, kemarin orang kantor ada yang ingin mengirimkan document penting (file .pdf) lewat email, pdahal file nya tuh gedhenya 120Mb, busyet…. (

Akhirnya nyari2 di google, cara compressing .pdf, akhirnya nemu article ini Acrobat How-To: Compression Session, dan setelah dicoba2 ternyata manjur juga, nice article… )

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Buka file pdf tersebut menggunakan Adobe Acrobat (kebetulan saya menggunakan Adobe Acrobat Profesional 7.0)
  • Kemudian Save as file tersebut menggunakan extension .ps (PostScript)
  • Setelah itu buka Adobe Distiller (kebetulan saya menggunakan Adobe Distiller 7.0)
  • Kemudian setting di Default settingnya ke “Smallest File Size”
  • Smallest

  • Kemudian silahkan buka file yang mau di compress (yg telah kita save as menggunakan extension .ps), otomatis Adobe Distiller akan melakukan compressing, silahkan tunggu hingga Finish.
  • Process

  • Congratulation, silahkan di cek file hasilnya, biasanya akan muncul warning, apakah file aslinya mau di replace atau tidak, dan silahkan pilih “no”, kemudian simpanlah dengan nama file yang lain.

Btw ( By The Way ) ) Ajaib…!!!, file yang tadinya 120 Mb, setelah di compress (menggunakan cara diatas) bisa menjadi 2,1 Mb ) , selamat mencoba…!!!