Tambal 5 Bayar 3

29 Feb

Ban gembos adalah bagian yang paling males bagi pengendara motor seperti kejadian yang tadi pagi saya alami sewaktu berangkat kerja. Banyak kejadian ban gembos, banyak pula asumsi mulai dari penebar paku dan ulah tukang tambal ban, dan ulang si tukang tambalnya sendiri. Kejadian saya tadi pagi berawal sewaktu di lampu merah menuju Jl. Yusuf Adiwinata, Menteng, saya merasa ban motor sudah ga beres, pas di check ternyata bener bannya kempes. Awalnya tak pikir kurang angin, setelah lampu hijau saya dorong motor ke arah Jl. Yusuf Adiwinata menuju Imam Bonjol. Di Jalan tersebut hanya ada 2 tukang tambal ban. Tidak jauh dari pom bensin ada tempat tambal ban pertama, orangnya Kakek2. Pas saya samperin dia bilang kl tambal ga bisa, asumsi saya mungkin masalah fisik. Kemudian saya jalan lagi dan ketemu ada tempat tambal ban ada 3 orang, 1 orang sptnya bosnya, dan 2 lagi sisanya yg pake wearpak ini crewnya. Nah disinilah tempat tambalnya.

Pastinya kamu-kamu pernah denger cerita miring mengenai ulah tukang tambal ban. Kebetulan saya juga pernah ngalamin. Pas ditempat sini, saya mulai taro motor dan mulai dikerjakan sama si abangnya. Pas ban dalem dibuka (ketauan deh gw ga pake tubless, hehe), ada 1 lubang bekas paku, dan 2 robek. Si abang bilang “mo diganti apa di tambal aja mas, kl ganti 28 rebu bannya IRC”. Saya pura2 mikir, secara duit pas2an gara2 semalem males ke ateem. “Ya udah ganti aje mas” meski sisa tinggal ribuan aje didompet:mrgreen:. Akhirnya ga jadi ganti ban gara2 stoknya habis, terpaksa di tambel. Setelah dikerjakan 3 tambelan, eh ternyata nongol lagi 2 lubang. Biasanya wajah tukang tambal ban seperti kesenangan kl jumlah lubang bertambah. Tapi dia ini beda, “gpp mas, nanti saya akalin deh”, trus dikerjakan lah. Metode tambal bannya agak beda dengan yg lain, ga pake kompor pemanas buat manasin karet ke lubang, tapi dia punya karet2 yang tinggal pasang. Gambarannya percis seperti koyo, buka tinggal tempel. Sayang ga sempat moto2, karna keterbatasan fungsi pada hape saya :)). Akhirnya dia buka karet yg ky koyo tadi 2 buah untuk nambel 2 lubang sisanya. Dan pas mo bayar dia bilang “15 ribu aja mas”. Saya bilang, “kan ini 5 lubang, gpp saya bayar 5 lubang aja”, tp dia bilang “gpp, lagian saya kan ga rugi koq”. Ya wis, karna dia ga mau jadinya saya bayar buat 3 lubang saja.

Secara keseluruhan cara pengerjaannya highly recommended, ga seperti tempat tambel yg pernah saya temuin. Btw, buat nemuin tempatnya ga susah karna jalanan situ cuman satu arah. Bukan maksud untuk promosi, hanya saya hanya salut saja tipe2 orang yg spt ini, di Jakarta pula lg !!. Two thumbs up.

16 Responses to “Tambal 5 Bayar 3”

  1. Ina February 29, 2008 at 10:49 am #

    Siyap..kl saya ke Jkt dan lewat sana saya akan sempatkan untuk mampir.:mrgreen:

    *dibekap pake ban bekas*

  2. Ina February 29, 2008 at 10:49 am #

    wah….Vertamaxxxx!!!!

    *peluk2 harri*

  3. harriansyah February 29, 2008 at 1:36 pm #

    @Ina
    hahahaha, silahkan mampir bu:mrgreen:

  4. Jendral Bayut™ March 1, 2008 at 4:14 am #

    itu kalo ga salah namanya tambal tip top,,cuma kalo udah klamaan or kpanasan suka copot lagi bro,,mending kalo dah ga ribet ganti bandalem aja bro
    be safe🙂

  5. harriansyah March 1, 2008 at 12:42 pm #

    ooh thx inpohnya brow.. ane baru tau tuw, maklum dah dari kampung:mrgreen:

  6. Cabe Rawit March 3, 2008 at 1:58 am #

    Kalo ane kempesnya di Bandung, kudu pake acara ngedorong dulu ke Jakarta😯
    Ane itung-itung dulu dah untung ruginya..:mrgreen:
    *ditambal*

    Bener kata Pak Jendral, itu tambal Tip Top. Belon terlalu sohor sih, tafi di Bandung juga ada, di simpang dago. Ane pernah nyoba, sampey hari ini belom bocor lagi😀

  7. sez March 3, 2008 at 2:42 am #

    kaya’ koyo??
    menghangatkan ga???
    (apa sich sez…)

  8. itikkecil March 3, 2008 at 4:08 am #

    jauh harr kalo mau nambal di sana

    *ditabok harri*

  9. h4ri March 3, 2008 at 9:10 am #

    @Cabe Rawit & itikkecil
    nanti aku kenalin ke kalian bedua..:mrgreen:

    @sezsy
    eh kamu sez.. timpukin sezsy pake koyo

  10. chic March 3, 2008 at 11:57 am #

    weeh asik dunk cuma bayar sedikit.. hihihi.. kayaknya tuh tukang tambal ban tau bakal dapet pelanggan baru. kan lumayan di promosiin di blog😆

    *eh iya, cat rumahnya sama..😛

  11. Ozan March 3, 2008 at 12:15 pm #

    Gakpapa, klo pun recomendasi tukang penambal seperti orang itu. Kalaupun dia iklas dan baik, kenapa kita tidak kasih yang terbaik juga.

  12. Rio Octaviano March 4, 2008 at 1:44 am #

    Oooo..iya tuh..ane juga pernah…
    dah canggih kali yah??

  13. indra1082 March 4, 2008 at 5:55 am #

    Justru biasanya tukang tambal ban males nambal, malah nyuruh langsung ganti ban, biar cepet dan menguntungkan.. aku sering tuh, ganti ban dalem biarpun bocornya cuma satu, dia bilang robek besar dan susah ditambal..
    Himbauan buat tukang tambal ban, biarpun keuntungan sedikit tapi biasakan lah berlaku jujur

  14. Harri March 5, 2008 at 4:05 am #

    @chic
    hihih, bagian dari rasa terima kasih gw chic sama si abang..:mrgreen:

    @Ozan
    mantab bro

    @Rio Octaviano
    yoi bro, canggih bgt

    @indra1082
    biasanya begitu pan kan tambel.. tp yg ini beda euy.. eh poto sape tuww pe ?

  15. verlita March 6, 2008 at 6:32 am #

    ini promosi tukang tambal ban yah?
    ihh kamu baik deh….

  16. h4ri March 6, 2008 at 9:16 am #

    @iverlita
    mau di promosiin jg😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: