Add User With LDIFDE

29 Nov

Setelah server selesai di install dan di konfigurasi pekerjaan selanjutnya adalah create user di Active Directory agar user-user yang ada di network bisa login di komputer masing2. Urusan create user memang simple tapi akan menjadi masalah kalau user yang akan di create itu jumlahnya banyak sekali, maklumlah sedikit2nya jumlah user yang ada di kantor kalau kita input satu-satu akan membosankan sekali. Kebetulan tadi rekan kerja saya yang ada di site sedang instlasi server, dan dia ingin menghindari pekerjaan input satu-satu tadi. Tenang ada solusinya, minta ada data karyawan ke HRD atau departemen yang berwenang (biasanya IT juga megang listing user) nah nanti kita import dari file mentah yang diberikan dengan sedikit modifikasi.

Tenang ga lama2, semakin banyak jumlah usernya, semakin lebar senyum anda🙂

Kebetulan saya baru setup server buat percobaan jadi sebelum saya kasih solusi ke teman saya itu saya testing di tempat saya ini. Saya sudah install dns dan active diretory dengan domain contoso (default bgt yak, hehehe) dan belum dibuat user dan OUnya.

File mentah data-data karyawan kan udah megan, dan sekarang kita buat dua buah file yang akan di execute. File pertama untuk OU, dan file kedua untuk User. Pertama buat OU, dan OU yang saya buat disesuaikan dengan nama department yang ada yaitu BOD, HR, Finance, Accounting, IT, Marketing, Sales, dan Production. Silahkan buka text editor yang biasa anda gunakan kalau saya menggunakan notepad dan simpan dengan nama yang anda inginkan, kali ini dengan nama OU.txt.

PS: OU=BOD,DC=contoso,DC=com diganti dengan OU dan nama domain anda.

Masih menggunakan text editor, kita buat User dan simpan dengan nama yang anda inginkan kali ini menggunakan USER.txt.

Dua file ini saya simpan di drive D. Kemudian buka command promt, dan arahkan ke drive anda biar memudahkan. Karna saya simpan di drive d, saya masuk ke root drive d. Setelah masuk ke drive d mari kita eksekusi file yang telah dibuat tadi. Kemudian ketik C spasi D ldifde -i -f OU.txt, kalau berhasil lanjutkan eksekusi file user.txt.

-i = untukmengaktifkan mode import
– f = parameter untuk file

Untuk melihat hasil sekarang buka active directory users and computers, kalau berhasil OU dan user akan terlihat.

By default user-user akan disable, klik kanan pada user dan pilih enable account untuk mengaktifkan account si user. Semoga bermanfaat.

Itu namanya kayaknya familiar:mrgreen:

11 Responses to “Add User With LDIFDE”

  1. caplang™ November 29, 2007 at 12:13 pm #

    dian sastro kerja di situ??
    dia multiuser ga?😆

  2. almascatie November 29, 2007 at 3:59 pm #

    dasar cplang……. samber dian sastro doang…
    *mikir bikin motor multiuser*

  3. harriansyah November 30, 2007 at 4:40 am #

    @caplang
    dia multilevel ed :))

    @almascatie
    hehehe, yoi bro.. tau aje kl yg cilem2 :))

  4. aLe December 4, 2007 at 8:38 pm #

    haha.,
    caplang lg tebar dian sastro😆

  5. harriansyah December 7, 2007 at 2:18 am #

    @aLe
    siapkan barisan pengamanan🙂

  6. Herianto December 7, 2007 at 10:47 am #

    Ini info dapat dari mana ya, saya dah lama cari2 info tentang ini. Gak serius benar nyarinya kali ya…
    Good post mas …🙂
    Salam kenal …😀

  7. harriansyah December 7, 2007 at 1:50 pm #

    infonya di technet jg ada pak🙂

    salam kenal jg, thx for comming🙂

  8. hani February 6, 2008 at 1:36 am #

    Trus klo mau rubah Dian Sastro jd Sophia Latjuba gimana?

  9. harriansyah February 6, 2008 at 7:06 am #

    @hani
    eyy Hani mampir jg kesini. Kl mo dirubah tinggal bawa ke salon terdekat ajah han.:mrgreen:

  10. minanube July 29, 2008 at 7:44 am #

    Sip2 tambah lagi ya… tutornya.
    beneran lho ditambah hi3x
    request yang masalah server 2003 aza boleh kan?

  11. harriansyah August 2, 2008 at 6:48 pm #

    @minanube
    Insya Allah bro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: