Polemik Video Indonesia Raya

7 Aug

Pertama lihat berita ini pas di Metro TV hari sabtu kemarin, memang saat di berita ada Roy Suryo yang sedang konpres tapi saat itu saya ga begitu perhatiin banget hanya melihat sekilas beritanya saja. Baru pas hari Senin saya lihat-lihat berita mengenai rekaman video ini. Ternyata hasil konpres itu menuai banyak tulisan dan banyak juga orang yang tertarik mencari tahu kebenaran berita tersebut. Bahkan blog milik Mas Eko Juniarto atau yang dikenal dengan Ryo Saeba mencapai 770 orang yang membaca untuk tulisan Indonesia Raya, dan ada dua tulisan lagi😀 mantab mas. Permasalahannya adalah ketika konpres Roy Suryo mengakui ia bersama tim Air Putih menemukan pita seluloid asli rekaman lagu Indonesia Raya yang terdapat di salah satu server di Belanda milik Universitas Leiden. Ini yang menimbulkan polemik, kenapa ? saya juga tertarik nih. Dari pemberitaan detikinet menyatakan bahwa Roy Suryo mendapatkan video tersebut dari hasil kopian dari salah satu harddisk milik aktivis air putih. Masih dari sumber yang sama ternyata ada beberapa netter yang menyatakan bahwa video tersebut sudah ada di situs youtube sejak Desember 2006 kemarin berikut beberapa link yang ada di situs milik youtube: http://www.youtube.com/watch?v=6QvyLkdl1_s&mode=related&search=, http://www.youtube.com/watch?v=0ybhFIhE6fs, http://youtube.com/watch?v=hkxehrXU3tM, http://www.youtube.com/watch?v=6QvyLkdl1_s.

Nah dalam benak saya apa lagi yang sedang dilakukan oleh si pakar telematika ini. Masih dari sumber detikinet, tim airputih kemudian memberikan klarifikasi atas pemberitaan yang dibuat oleh si pakar telematika tersebut, untuk lebih jelasnya silahkan ikuti link yang ada. Tidak mau kalan akhirnya sang pakar memberikan penjelasan lanjutan bahwa

“Mereka (beberapa aktivis Air Putih) nggak quotable. Kenapa mereka yang di-quote tapi bukan ketuanya? Setahu saya, sepanjang saya mengerti, yang berhak bicara mewakili Air Putih hanya mas Heru Nugroho (Dewan Penasehat Air Putih – Red.),”.

Kalau dilihat sih terkesan tindakan self deface dari seseorang, lebih tepatnya pembelaan dari seorang yang diberi gelar pakar telematika. Apakah wajar atau tidak dikembalikan lagi ke teman-teman. Ada lagi yang lebih lucu, yaitu ada pemberitaan bahwa “Belum Koordinasi, Roy Suryo Nyolong Start” dan yang memberikan penjelasan adalah dari pihak airputih dalam hal ini adalah Dewan Penasehatnya.

Koq terkesan jadi lucu ya, terlebih dari seorang pakar telematika lagi. Ada ada saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: